Senin, 22 Maret 2010

Teknik Bundling Aplikasi Web (PHP) Menjadi Autorun

Teknik ini pada intinya membuat aplikasi web kita menjadi autorun (automatic running), sehingga kita tidak perlu repot-repot menginstal web server dan database software sebelumnya.
Teknik ini berguna sekali saat kita hendak mempresentasikan atau mendemokan progress program web kita ke klien maupun dosen kita. Kita tidak perlu menginstal software tertentu terlebih dahulu atau meng-copy-kan file kita ke komputer klien, karena hal tersebut beresiko , baik dari segi keterjagaan file kita maupun tingkat keefisienan.

Hanya dengan sekali klik saja aplikasi web kita (beserta database yang terkait) dapat kita akses dan kita jalankan, menarik bukan? (Dalam kasus ini penulis menggunakan aplikasi web menggunakan bahasa PHP dan database MySQL).
1.Download software freeware MicroWeb-1.50.

2.Extract MicroWeb -1.50.zip ke directory yang Anda inginkan.
3.Pada directory hasil extract, akan muncul beberapa directory baru dalam folder MicroWeb -1.50


4.Salinlah file-file web kita pada folder htdocs, jika file index kita berekstensi selain html maka jangan lupa menghapus file index.html di folder htdocs tadi. Dan copykan file index kita yang baru.

5.Copykan folder database kita yang berekstensi *.frm, *.MYD, *.MYI ke direcroty MicroWeb -1.50\mysql\data\. (Database penulis bernama si_ti).

6.Nah, sekarang untuk menjalankan aplikasi web tadi, pembaca hanya perlu mengklik file microweb.exe yang ada di luar directory.


7.Salinlah isi folder microweb-1.50 tadi ke flashidisk atau bakar ke CD/DCD. Microweb secara otomatis telah mensetting aplikasi kita agar menjadi autorun, sehingga akan langsung dieksekusi saat flasdisk/CD/DVD tadi dimasukin ke suatu komputer/laptop.
8.Selamat mencoba.

2 comments:

Wah keren juga ya mas, Kalau aplikasi php mysqlnya di buat jadi langsung exe gitu bisa g ya mas.? Thanks

mantap sekali postingannya mas, salam feakprogrammer

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More