Minggu, 20 Juni 2010

Telkomsel for Indonesia


Kiprah produk inovasi kian gencar di segala lini kehidupan. Apalagi di zaman yang kian kompleks dan dengan bertambah beratnya tuntutan persaingan. Hal tersebut berlaku juga di bidang bisnis operator selular. Sebuah dunia yang intim sekali berkenaan dengan teknologi yang sifatnya dinamis dan developable. Bisa dikatakan, inovasi telah menjadi senjata bertahan hidup bagi dunia operator seluler. Innovation is a tool for survive.

Namun pada kenyataannya Telkomsel bisa bertahan sampai sekarang. Malahan semakin berkembang. Dengan bertambah banyaknya operator seluler yang ada tetap tak menggemingkan eksistensi dan kiprah Telkomsel. Tentu saja hal tersebut tidaklah mudah untuk diraih, mengingat nusantara semakin bergejolak dari segi ekonomi dan tren teknologi.

Kalo diuraikan semua produk Teknologi dari masa ke masa tentu saja tak akan mudah dan seringkas ini. Jadi, tulisan ini hanya ingin memberikan apresiasi sekaligus refleksi kiprah inovasi telkomsel di nusantara. Karena sudah banyak inovasi teknologi yang dikaryakan. Mengiringi suka duka Indonesia. Saling menguntungkan dengan masyarakat Indonesia. Suatu simbiosa mutualism di zaman modern. Pastinya banyak yang berharap akan kelanggengan usia Telkomsel, agar menambah pilihan efektif dan solutif dalam berkomunikasi dan berinformasi. Dan harapannya juga adalah semakin banyaknya fitur teknologi kerakyatan (civil technology) yang ditawarkan oleh Telkomsel, sebuah fitur yang sarat manfaat bagi kalangan menengah ke bawah dan mayoritas rakyat Indonesia.

Begitu Dekat, Begitu Nyata


Telkomsel seakan saling mendekatkan kita dengan dunia berkat ragam invensi di bidang komunikasi dan kemudahan dalam mengakses informasi. Terasa semakin 'nyata' lewat sinyal yang menjangkau mulai dari kota ke desa sampai ke pegunungan. Telkomsel dan operator yang lain telah sama-sama ikut 'menyatukan' elemen bangsa. Thank for unite Indonesia.

Jangkauan Terluas & Kualitas Terbaik
Fungsionality is more important than quality. Daya manfaat yang diusung oleh kualitas teknologi semoga tetap menjadi karakter produk Telkomsel. Memang pasti ada yang namanya segmentasi pasar konsumen, tapi harapannya pada segmen masyarakat menengah ke bawah lebih berporsi lagi. Produk yang tepat guna akan lebih awet diminati ketimbang produk yang agak memanjakan konsumen.

Review Sederhana Inovasi Telkomsel


Beberapa terobosan yang penulis temukan dari beberapa referensi adalah layanan 3G, Telkomsel Flash, BlackBerry, HSDPA (High-Speed Packet Access), mobile wallet T-mobile banking, mobile advertising, iPhone 3G, iPhone3Gs, implementasi teknologi Long Term Evolution (LTE) pertama di Indonesia, inovasi BTS Pico via VSAT-IP berbasis teknologi seluler berkonsep Remote Solution System pertama di dunia, inovasi teknologi Hydro Fuel Cell, inovasi teknologi GSM (Global System for Mobile) berbasis IP (Internet Protocol) berkonsep Remote Solution System di Kapal Motor Lawit, TELKOMSEL SMS Translator (Inovasi Telkomsel & Google), Telkomsel Cash (T-cash), Langit Musik (broadband), Mobile Advertising, dan sebagainya dan yang berikutnya.

Beberapa program Telkomsel antara lainTelkomsel Merah Putih (target menembus daerah pedesaan, industri terpencil, pengeboran lepas pantai, hutan, puncak bukit, dan bahari yang telah dilaksanakan sejak Juni 2008), target 100 juta pelanggan tahun 2010 (menggambarkan kesungguhan untuk memberi manfaat pada seluruh rakyat Indonesia), kick off program Universal Service Obligation (penggelaran akses telekomunikasi dan informatika di 25.000 desa terpencil dan pengembangan jaringan seluler di pulau-pulau terluar di daerah perbatasan negara), Portal Lumbung Desa, Desa Pintar, Telkomsel Siaga dan Mudik Gratis setiap tahun, M-Kios, GraPARI (Graha Pari Sraya) yang namanya diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X, Telkomsel Customer Day, dan sebagainya dan yang berikutnya. []

Selamat Ulang Tahun Telkomsel!



Referensi:
http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=254645
http://operatorseluler.com/kepeloporan-telkomsel-dalam-inovasi-bio-technology/
http://techno.okezone.com/read/2010/04/09/54/320811/inovasi-teknologi-telkomsel-
menancap-di-15-kapal-pelni
http://www.facebook.com/simPATI.Tsel
http://www.borneotribune.com/kubu-raya/ragam-lifestyle-inovasi-telkomsel.html
http://berita.liputan6.com/usahaanda/201005/278289/Telkomsel.Berinovasi.Membangun.Negeri

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More