Jumat, 20 Mei 2011

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME BURSHOTUL ARQOM MENGGUNAKAN ACTIONSCRIPT FLASH

Abstrak

Teknologi pembelajaran semakin lama semakin berkembang. Hal yang sama terjadi pula dalam dunia pembelajaran berbasis game. Pembelajaran tersebut termasuk dalam aplikasi e-learning (electronic learning). Materi bilangan (angka) bahasa Arab dalam kegiatan evaluasi (penilaian) bisa diefektifkan dengan pemanfaatan teknologi game pembelajaran tadi, yakni dengan menggunakan software Macromedia Flash.

Macromedia Flash merupakan perangkat lunak yang mempunyai kemampuan yang lebih dalam menampilkan multimedia, gabungan antara grafis, animasi, suara, serta interaktivitas bagi pengguna internet. Software ini juga memiliki IDE/RAD yang terintegrasi, jadi memudahkan pengguna untuk bekerja lebih cepat.

Aplikasi game Burshotul Arqom dibagi ke dalam tiga bagian yaitu Bagian Angka yang berisi soal-soal angka, Bagian Angka dan Benda yang berisi angka disertai beberapa benda, dan Bagian Evaluasi yang berisi pengacakan soal keseluruhan.

Kelebihan game Burshotul Arqom adalah dapat dimainkan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.Juga dikemas secara multimedia yang menarik dan interaktif. Namun kelemahan game ini adalah belum support pengetikan bahasa Arab, namun diharapkan untuk aplikasi yang berikutnya bisa dimanfaatkan.



Sebenernya pembuatan game (sederhana) ini sudah lumayan lama.... Dan abstrak di atas sebenernya juga abstrak-abstrakan, sebab ya saya bikinnya juga paper-paperan, alias paper gak jelas pantesnya atau gak jadi karya ilmiah.... :D

Tapi, smoga dengan saya posting di blog, bisa menambah manfaat bagi yg make, pling tidak bsa menambah pengunjung di blog saya ini, hehee....

Okey, silakan donlot format PDF-nya disini....

Dan klik disini atau baner disamping kanan utk mendonlot gamenya (*.zip)... Slamet menikmati..! :D

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More