Jumat, 17 Juni 2011

'Fiqih' Editing Photo

Sdikit berbagi kawan, dulu saya pernah iseng2 nanya sputar editing foto dan gambar ke ustadz yang saya kenal lewat message facebook. Nah, lwat tulisan ini sya harap qta bisa berbagi pendapat, masukan, dan pengalaman...

Kurang lbih pertaxaan sya begini...


Begini ustadz, dulu sya pernah diminta tolong tmen utk merubah warna background fotonya, saya ganti pake software grafis... Yg ingin saya tanyakan adalah, apakah aktivitas merubah suatu bagian tertentu pda gambar atau foto masuk dlm kategori “tidak jujur”..?? Sebab seolah2 qta telah membohongi orang yg melihat foto itu, hal ini tentux sdah sering terjadi dimana-mana...
JazakAllah atas jawaban ustadz...

Berikut jawabannya:

Ustadz Erryk Kusbandhono
Al-aslul hukmi mubaahun: hukum segala sesuatu itu pada dasarnya mubah. Nah, tinggal individunya saja. Kalo foto tsb digunakan tuk sesuatu yg positif dan tdk mengandung unsur2 maksiat, boleh2 saja..”

Ustadz Halimi Zuhdy
“Selama itu bukan untuk bermaksiat tidak apa-apa, dan juga bukan urusan dinas....misalnya menghilangkan cacat yang ada dalam badannya.
Urusan dinas misalkan untk melamar PNS dll. Kalau background tdk apa2, asalkan masih dlam tahap kewajaran. Utk scan stampel boleh, asalkan sdah ada kesepakatan n tdak ada unsur kebohongan.”

Gimana pendapat kawan2..??

1 comments:

Hi, Ι do think this iѕ an eхcellеnt web sitе.
I stumbledupon іt ;) I maу come baсk yet аgаin since і have saѵed as
a faνorite it. Moneу and freeԁom iѕ the greatest ωay to change, may you bе rich and continuе to guide οther people.
My site - payday loans no credit check

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More