Selasa, 17 November 2009

#DDLC (Dreams Development Life Cycle)

Apa sih DDLC??

Dreams development berarti menyusun impian yg baru atau memperbaiki impian yang telah ada. Hidup kita ibarat megaproject kita masing-masing. ~_~. So, creed it n create it!

Lhaa.. Koq perlu diganti?
Karena adanya beberapa reason, yaitu:
- reason one, adanya pertumbuhan kematangan spiritual dan intelektual. Sehingga impian kita kudu semakin ter-upgrade.
- reason two, kondisi sosial yg berubah, berimplikasi pada pergeseran solusi yg dibutuhkan masyarakat (social dreams)
- reason three, pergantian minat kita atau adanya spesialisasi di suatu bidang yg lebih radikal/ mengakar (radix=akar)
Kalo DDLC berarti tahapan-tahapan utama dalam proses dreams development.

Banyak sekali pilihan alur jenjang dalam dreams development, kesemuanya rada-rada mirip sih, mungkin yang kita sajikan di sini adalah salah satu aja..
Like this broe!!



Berikut agak sedikit penjabarannya. .

1. Tahap perencanaan, dipenuhi dgn aktivitas pencarian, semacam ‘search engine’ kita msing2 ttg keinginan terdalam kita. Kemudian kita list semuanya. Na’am! semuanya.
2. Tahap analisis, daftar tadi kemudian kita gali kepositifan, manfaat, kehalalan, keutamaan, dan lainnya utk kita pilah dan pilih berdasarkan urgensi, kedaruratan, dsb. Dari sinilah kita mulai nampak jelas impian kita.
3. Tahap perancangan, tahap utk mendesain atribut pendukung ketercapaian, mulai dari alokasi waktu yg jelas, modal yg dibutuhkan, kerjasama yg saling menguntungkan, beberapa strategi cadangan, dan lainnya.
4. Tahap penerapan, di sinilah adanya kompilasi dan eksekusi aksi impian kita di lapangan, dengan catatan boleh dinamis asal tak lalai substansi. Di sini pengarsipan akan sangat penting. Korporasi dengan partner harus dijaga akhlaq profesionalitasnya.
5. Tahap perawatan, yakni berkat adanya pengontrolan yg kan menghasilkan evaluasi-evaluasi terkait. Semangat sangat perlu dirawat. Dan komitmen keikhlasan serta fokus tujuan juga perlu di(!)kan.

#HIPO (Hierarchy Input Proses Output) of Human Struggle

Simply watch this!



Jadi, singkat cerita, setiap perjuangan impian manusia tergambarkan dalam gambar di atas, bahwa masukan dan usaha adalah kewajiban dan sepenunya aktifitas manusia. Keluarannya -entah berhasil atau tidaknya- adalah hak Allah. Sehingga perlunya suatu kesabaran dan tawakkal kepada Allah, yakni salah satunya dengan tidak mengabaikan kewajiban dngan keinginan. Dream, Pray, and Act!
Allahua’lam

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More