Minggu, 08 November 2009

Dosa dan Surga Programmer Java



Tadi pagi (30/Okt/09) sekitar hampir jam 10, di SC UIN MALIKI Malang berlangsung semacam Workshop sebagai bagian rangkaian acara Gebyar ICT HMJ TI chapter 2009. Dan ta ra!! Funjava diundang sebagai pemateri disandingkan dengan komunitas IOC.

Nah, FJ kali ini kami membawakan materi “Dosa dan Surga Programmer Java” (inisiatif FJ sendiri), yang sebenarnya gabungan dari 2 materi yaitu, 'Dosa-dosa Programer Java' dan 'Masuk Surga dengan Java' (wuih). Sedang sobat2 IOC membincangkan sekelumit Netbeans. Agak singkat tadi, tapi berjalan dengan menarik. Sekitar 40 peserta hadir yang kebanyakan dari smt1.

Sebenarnya persiapan tim pemateri tmn2 FJ (Pak Bos Raga, Slamet Arif(ehm!), dan Ucox_mb) kurang maksimal, slide powerpointnya pun baru dibikin tadi malem (malem 30/10/09), dan background ppt pun baru dibikin 2 jam sebelum workshop (hehe). Tapi Alhamdulillah semuanya lancar. (really the power of kepepet)..

Pas workshop, kami baru mengerti ternyata workshop ini bertujuan tuk membandingkan java editor GEL dan NETBEANS, ttg masing-masing keunggulan dan kekurangannya. Jadi, kami kurang mempersiapkan aksesoris pendukung materi yang begituan. Entah mungkin karena kami kurang berkomunikasi dgn panitia, atau entahlah.

Pada akhir workshop saya agak nambahin dikit (sekaligus) sebagai konklusi singkat bahwa analogi keterkaitan GEL dan NETBEANS adalah seperti saat kita mau bikin “pecel” (^_^). Ada yang mulai dari nol dalam pembuatannya, mulai beli sayur di pasar, bumbunya ngulek sendiri, berasnya nanem sendiri, dsb. Sedang ada juga yg bumbunya beli yg dah jadi, sayurnya juga beli di minimarket, nasinya yg sachet-tan (ada gak ya), dsb. Jadi jika kita ingin mendalami pembuatan pecel kita maka coba cara yg pertama, dan apabila ingin cepet dan varian yg bxk maka ambil yg kedua, meski lebih 'mahal'. Begitu juga dengan coding Java, tapi pada intinya semuanya sama, yaitu satu bahasa, Java! Dan di FJ, kita pake semuanya…hihii... []by sastrawan.java

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More