Minggu, 09 Agustus 2009

Tips Bagi Desainer Grafis Pemula (dari seorang Pemula)


Menjadikan desain grafis sebagai hobi dan kesenangan memang pilihan yang oke punya.. Dengan berkreasi kita bisa ngilangin yang namanya kejenuhan kehidupan. Kita bebas memakai dan mengombinasikan semua warna dan bentuk semau kita. No rules and no limitation.
Seni adalah bagian pembangun dari kebudayaan, semoga seni grafis ini berakumulasi secara estetis dan menjadi mozaik-mozaik yg kan menata kebudayaan hidup kita.
Ada bebarapa tips yang bisa dipertimbangkan temen-temen tuk dijadiin kebiasaan demi meningkatkan skill dalam desain grafis, yaitu:

1.Sukai video atau film kartun/animasi yang menghadirkan warna dan bentuk yang memukau dan wah.. Seperti Final Fantasy, Naruto, dan lainnya. Sehingga sense of art kita mulai terbangun dan terbiasa dengan pola-pola yang estetikanya tinggi.

2.Ikuti lomba2, kompetisi, sayembara yang berhubungan dengan desain grafis, seperti lomba bikin logo, header web site, poster, dsb. Coba browsing di internet. Jangan takut kalah dulu, dengan ikutan seperti ini, maka kita dilatih serius dan tidak setengah-setengan dalam mendesain.

3.Analisis (pelototi) tuh poster atau gambar reklame yang keren-keren. Temukan kelebihan desainnya dan hubungkan dengan desainmu, mungkin bisa mencari kekurangan dari desain kita. Coba desain ulang gambar reklame/poster/dll tadi dengan caramu sendiri, sehingga ada kemungkinan menambah ilmu kita ttg tools dan metode yang belum diketahui.

4.Sering-sering bikin desain. Kalo da tmn yang minta tolong bikinkan stempel, stiker, spanduk, pamflet, sertifikat, dsb disanggupin aja. Ini penting untuk mengasah skill kita dan mengetahui penilaian dan tingkat penerimaan orang lain terhadap desain kita.

5.Yang pasti koleksi dan eksekusi buku-buku desain atau artikel2 di koran, majalah, internet yang berhubungan dengan desain. Buanyak sekali tutorial desain yang keren bertebaran di muka bumi..

6.Biasakan nyoret-nyoret di kertas. Di situ kita bisa meluapkan segala isi perasaan, bisa menjadi inspirasi pada desain kita nantinya, juga menjadi simpanan/cadangan dari kreasi kita dan sebagai step awal dari proses designing.

7.Join ama komunitas-komunitas desain (di dunia maya atau nyata), contohnya DevianArt, GXfindo, dsb. Di komunitas/forum tsb kita bisa share dan nanya2 ttg kendala desain kita. Bisa juga sebagai ajang promosi dan saling mengkritisi.

Untuk sementara mungkin itu aja dulu. Temen2 gak harus ngelakuin hal di atas semua, tapi kalo bener2 niat dan pengin focus, lakuin aja semuanya…saya juga kan jadi ikut seneng… Temen2 juga bisa nambahin tips lainnya yang lebih keren dan pas. So, semangat berkarya!!

1 comments:

mantap mas....ayo mas ajari aku. aku minat banget ne ma design, tp gag tau harus mulai darimana...

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More