Senin, 17 Agustus 2009

[UIN Menuju Kampus Sejuta Blogger]


Bapak Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Imam Suprayogo telah memberi inspirasi dan contoh yang luar biasa pada kita ttg dua hal, tentang kebiasaan menulis yang ‘menyehatkan’, dan tentang pemanfaatan teknologi internet. Maka rekor MURI pantas menjadi aspresiasi bagi ‘karya’ beliau tsb.

Nah sekarang kita, sudah sejauh manakah kita menjadi inspirasi bagi orang lain? Salah satunya melalui postingan blog kita. Tentunya tmn2 sudah paham bahwa sudah buanyak banget situs penyedia layanan blog yg gratis, uinblogger, multiply, blogger, wordpress, blogetik, dkk.

Ada beberapa manfaat dari ‘memelihara blog’, diantaranya adalah:
1.Bikin sense akademik kita jadi tajam, kita jadi mikir “apa yah kira2 bahan kuliah yg bisa diposting di blog”, contohnya ada yg bikin tutorial, tips menghafal rumus, daftar tempat PKL, bikin metode sendiri, dbl (dan buanyak lagi)

2.Kita jadi tambah kreatif. Dari banyak fitur2 blogging yg ada, kita jadi selektif memilihnya tuk jadiin blog kita keren, lucu, aneh, menarik dan berkesan.

3.Sebagai ‘rumah kita’ di dunianya maya. Sehingga semua orang bisa menjadi ‘tamu’ kita. Narsisme konstruktif akan tersalurkan di sini. Rivalisme solidaritas bisa berjalan.

4.Kita jadi px alasan tuk menulis, biar blog kita full isinya. Sehingga skill menulis kita jadi terasah, kita jadi berlatih.

5.Mencari penghasilan. Dengan mengikuti adsense2 dan fitur komersial lainnya. Ato bisa jadi dengan mengikuti kompetisi blog yg belakangan sedang rame2nya. Bahkan bisa seberuntung Kambing Jantan-nya Adhitya.

6.Media promosi dari usaha kita, ide kita, komunitas kita, dan bahan marketing lainnya.

7.Mencoba berguna bagi orang lain, dengan berbagi tips2 dan kiat2, menyediakan file2 download, kompilasi tausyiah2, kata2 mutiara, humor2 yg sehat, berbagi pengalaman, dan ide cerdas lainnya.

8.Bisa nambah temen, dari comment orang lain di postingan blog kita, bisa jadi ketemu ama temen lama qta jika postingan kita ttg masa kecil ato ttg daerah asal kita.

9.Dan manfaat lainnya.

Menjadi seorang blogger berarti telah melahirkan diri di dunia yg lainnya. Media cipta, rasa dan karsa yang unik dan sejagat-isme. Dengan aktifitas blogging seakan diri kita menjadi mendunia. Banyak teman kita di sana telah berBlog ria, saatnya kita tuk meramaikan dunia maya dgn keunikan dan kekhasan segala pd kita. Dan menjadikan kampus kita menjadi kampus sejuta blogger, kampus sejuta makna…

Go Global with your Blog!

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More