Selasa, 26 Mei 2009

Hidup Ala OSI Layer dan SQL



OSI Layer mengajari kita tentang suatu esensi dari sistem nurani dan derap perjalanan kita yang selalu terdistribusi ke dalam beragam tingkah polah. Nikmat Fisik (physical layer) ternyata pada hirarkinya berada di paling bawah peripheral diri kita. Janganlah terlalu mempermasalahkan kondisi fisik yang tak sempurna ini, ingatlah bahwa sungguh kulit --sebagai anasir keindahan fisik -- itu sangat tipis, tak setebal dan kalah jauh dari gumpalan hati kita.

Akan tetapi hal ini bukan berarti performance adalah nonsense alias tidak penting. Keindahan intrinsik haruslah dimiliki semua orang, dan antara keindahan dalam dan luar harus pula seimbang, dari segi perawatan, pemolesan, pemeliharaan serta pensyukuran.

Sedangkan yang tertinggi adalah Application Layer. Applikasi dari semua pengetahuan kita, aplikasi dari segala penyadaran kita, aplikasi dari semua pensyukuran dan penyesalan kita. Amallah yang menyebabkan ilmu kita berbuah, tak sia-sia..

Sedangkan layer lainnya, memiliki fungsi unik dank has masing-masing. Penjelasannya insyaAllah temen-temen bisa lah menganalogikan dengan esensi hikmah dan pedagogi masing-masing layer.



Lain halnya dengan SQL, SQL (Sholat Qiyamul Lail) telah banyak menampung banyak faedah berujung rakhmat bagi manusia. Akseslah sebegitu banyaknya data-data anugerah penuh cinta dari database rahmat Allah. Kala tengah malam, sepertinya Allah telah menyediakan bandwith yang sangat besar bagi kita sebagai hamba tuk meraih koneksi suci ibadah ini. Tumpahkan kesesalan-kesesalanmu tentang betapa tak sempurnanya dirimu, tentang tak bersyukurnya dirimu, tentang tak pedulinya dirimu pada dunia, tentang kelupaanmu pada hari pembalasannya, tentang ujung nafasmu, dan tentang keacuhanmu dalam pensholehan sosial.

Jadikan keikhlasan sebagai trigger untuk senantiasa bangun malam, meski memang susah, tapi kalau tanpa usaha namanya kan menyerah. Yaah.. dengan SQl seakan-akan kita membuka koneksi pada hari itu. Localhost atau bisa disebut dengan localheart, itulah keadaan spiritual pribadi kita. Kitalah admin, bukan orang lain. Yah mungkin bisa jadi ada beberapa orang yang bisa mempengarhi keadaan orang lain. Tapi bukankah semuanya kembali pada diri kita masing-masing.

Jadi, SQL merupakan kesempatan yang siip untuk bertaqattub, bertaubat, bermunajat lewat query-query doa dan penyadaran kita. Jadi seberapa besarkah traffic yourSQL dan tentunya mySQL?!

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More