Minggu, 16 Mei 2010

_Portal G A R U DA (Garba Rujukan Digital)_


Mungkin diantara pembaca sudah ada yang tahu, tapi mungkin juga ada yang belum pernah dengar, jadi smoga tulisan ini bisa membantu memasyarakatkannya. Ini tentang gebrakan baru dari Pak Mendiknas kita (Muhammad Nuh).

Apa itu Garuda? Mengutip dari halaman utama Garuda, Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal penemuan referensi ilmiah Indonesia yang merupakan titik akses terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti Indonesia. Garuda yang mencakup antara lain e-journal domestik, tugas akhir mahasiswa, dan laporan penelitian dikembangkan oleh Direktorat P2M-Dikti Depdiknas bekerjasama dengan PDII-LIPI serta berbagai perguruan tinggi dalam hal penyediaan konten.

Dengan adanya sistem ini semacam ada tekad untuk memadukan seluruh karya ilmiah dari seluruh peneliti dan akademisi Indonesia. Tujuan utamanya adalah untuk memerangi plagiarisme yang dianggap sebagai kendala kemajuan keilmuan di tanah air. Seperti yang dikatakan Pak Mendiknas (20/02/2010) yang termuat dalam OkeZone, beliau mengatakan bahwa dengan sistem online yang seperti itu maka akan memudahkan khalayak untuk melacak karya ilmiah yang pernah dibuat sebelumnya. Atau, lanjut beliau, dengan sistem elektronik Garuda ini memudahkan pemerintah untuk mengecek apakah karya ilmiah yang diajukan untuk kenaikan pangkat sudah pernah dibuat oleh orang lain atau belum.
Berikut interface awal dari Portal Garuda:


Portal Garuda diharapkan bisa membantu dalam mengatasi plagiarisme, sebagaimana yang diucapkan Pak Fasli Djalal (Wakil Mendiknas), "Kalau seseorang mengajukan usulan judul penelitian, dosen pembimbing nanti bisa memasukkan kata kunci di mesin pencarian Portal Garuda, sehingga bisa dilihat setiap kesamaan antara usulan judul tertentu dengan karya ilmiah yang sudah ada. Dari ide dasar saja sudah bisa ketahuan, jadi plagiarisme bisa dihindari".

Lebih menariknya lagi, portal Garuda selain bisa dijadikan solusi mencegah plagiarisme sekaligus juga menjadi sumber referensi yang maknyuzz… karena kita bisa mendowload file karya ilmiah yang ada di portal tersebut. Berikut petunjuk mendowonload file digital (diambil dari Panduan Penggunaan Portal Garuda).


Semoga kita bisa selalu berkarya dengan lebih bijak dan produktif....

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More