Senin, 23 Agustus 2010

WCU Itu 'Wong Cilik University' kan?

Maaf, tulisan ini hanya sebagai teman ngobrol saya aja.. Bukan utk tujuan aneh tertentu, karena isinya pasti tak berasa ilmiah dan minim kata-kata yang keren.. :D

****

Kalo saya boleh mengambil garis besar, kampus bertaraf global (Wordl Class Univ) itu berpatok pada faktor keterlibatan peran teknologi informasi, jumlah mahasiswa asing, pembudayaan bahasa asing, dan pastinya produktifitas hasil riset dan publikasi ilmiah warga kampus. Ada juga ttg Webometric, yg secara sederhana bisa dikatakan parameter prestasi web portal sebuah kampus (visibility, size, rich file, and scholar).

Nah, ada kondisi paradok yg unik berkait pertumbuhan ekonomi dan kemisikinan, menurut Guru Besar Universitas California Davis, Beijing Wing Thye Woo, "Pertumbuhan ekonomi yang tinggi saat ini tidak mampu mengurangi tingkat kemiskinan seperti sebelumnya". Sekarang pertanyaanya adalah apakah hal ini bisa terjadi juga dlm dunia pendidikan, dimana tingkat perkembangan mutu pendidikan belum tentu menjamin terangkatnya kecerdasan anak bangsa? Maaf, bkn bermaksud menyamakan pendidikan dgn eknomi, tapi semoga dari sini didapat suatu pemikiran kecil yg sedikit berguna.

Problem paradok ekonomi di atas terletak pada faktor pemerataan ekonomi dan daya akses masyarakat thd perekonomian. Pun dalam dunia pendidikan, bisa saja begitu. Rakyat kecil bisa saja semakin dijauhi dan dibatasi utk mengenyam pendidikan. Bayangkan sebuah kondisi dimana semua kampus sedang berbenah meroket mendunia tapi sedikit lupa ttg saudara kita yg cerdas, tapi tak mampu ikut terbang (miskin?


Kita pasti semua setuju dan mendukung dgn semua jenis kebijakan yg pro rakyat, sampai-sampai harus diperjuangkan dgn demonstrasi, tentunya pendidikan tinggi juga selayaknya berpihak pada rakyat. Saya kurang paham persisnya barometer standar dari WCU, apakah tingkat keberpihakan pada rakyat miskin juga dimasukkan. Tapi kalo misalnya tidak, berarti harus ditambahkan :D... Kenapa? Karena masih banyak generasi kita yg belum mampu kuliah.

Oya, satu lagi, disamping World Class Univ, ada gak ya yang namanya World Class Islamic University (WCIU)? Kalo ada, mungkin barometer tambahannya adlah jumlah hafidz di kmpus, keterjagaaan ajaran Islam di keseharian kampus, jumlah kajian keislaman kampus, dan tingkat integrasi semua kegiatan akademik dgn ajaran Islam. Wah, kalo begini pasti UIN Maliki Malang langsung menjadi kandidat juara...:D. WCIU pasti jadi idaman setiap orang, dgn memadukan knowledge dan spiritual (UIN banget). Coba dibayangkan sebuah kampus yg dimana-mana terdengar dgn sejuk ucapan salam dan tilawah, dimana-mana terlukis senyuman bersahabat, kebersihan terjaga, dan pada malam harinya dipenuhi murojaah hafalan... InsyaAllah akan jadi rebutan... (Tentu saja di samping maraknya diskusi keilmuan, riset/penelitian, rekayasa teknologi, seminar dan aktifitas ilmiah lainnya).

Akhirnya, semoga, UIN Maliki Malang bisa menjadi Wong Cilik University dahulu sebelum World Class University, semoga terus bisa mengayomi saudara sendiri sambil melayani tamu-tamu dari luar. Semoga tetap berkarakter Islam, dan mewujudkan mimpi kita bersama utk menjadi Top World Class Islamic University (WCIU). ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More